Mengatasi sakit punggung dengan Chiwalking dan pijat refleksi

Punggungku sakit sampai puluhan tahun, aku rasa sejak kuliah. Emang hidupku itu agak aneh... maksudnya jarang belajar, kuliah ketiduran terus, catatan gak karuan masih bisa lulus jadi sarjana.

Titik balik hidupku sejak Juli 2009 aku hijrah ke Jogja, dapat gambaran aneh-aneh pas gunung Merapi meletus. Satu demi satu aku mencoba menyelesaikan masalahku, banyak yang aku tulis di sini. Soal sakit punggung, gabung di dating site, rambut rontok parah, dan lain-lain.

Aku mencoba menebus kemalasanku saat sekolah dan kuliah di UGM dulu dengan menulis di blog. Menulis hal yang bermanfaat, dari pengalamanku, bukan asal copas aja dari artikel orang.

Sekitar tahun 2009 aku dapetin artikel tentang chiropractic untuk penyembuhan sakit punggung. Memang tumbu ketemu tutup, tak lama kemudian baru sadar sebelah rumahku dijadikan tempat praktek untuk chiropractic. Sayang sekarang enggak lagi. Lumayan untuk penyembuhan scoliosis tulang punggungku yang bengkok.

Menjelang umroh April 2013, sejak Desember 2012 aku memutuskan jogging dengan postur sebisanya. Terus aku merubah postur lebih baik saat jogging dengan lebih tegap, kaki memantul, napas dari perut. Ada konsumen kosmetik yang aku jual menawarkan seminar berjalan efektif. Aku memilih searching di mbah gugel, terus mendapatkan chirunning dan chiwalking.

Tiap pagi aku melakukan chi running dan chi walking sekitar 30 menit, dari rumah ke Graha Sabha Pramana UGM. Perubahan postur membuat otot-otot di tubuhku nyeri, jadinya aku juga rajin pijat refleksi di tukang pijat yang buta di jalan Cik Ditiro Jogja. Tergantung nyerinya, bisa sebulan sekali kadang seminggu sekali.

Alhamdulillah, dengan diimbangi berusaha makan makanan sehat, banyak minum air putih, soal istirahat cukup gak usah ditanya, aku gampang bobok kalo kena bantal, sakit punggungku membaik tidak nyeri lagi. Selain itu juga postur tubuh lebih baik, lebih kuat untuk berjalan jauh dan ukuran tubuh juga berubah, mengherankan. Aku mesti belanja underwear dengan ukuran lebih besar, tapi pinggang tambah kecil.

Seminggu ini dua kali aku menerima e-mail menanyakan praktek chiropractice, dan aku jawab, coba melakukan chi walking dan pijat refleksi. Ini link chi walking Berjalan efektif dengan cara Chi Walking

Comments