Saturday, November 8, 2014

Rambut indah bersinar dengan shampo dari Virgin Natural Cosmetics, lidah buaya dan madu

Setelah mencoba berbagai macam bahan natural untuk rambutku yang pernah rontok lama banget, aku menemukan beberapa resep yang membuat rambut gak rontok lagi. Apa saja sih yang sudah aku cobain

- Keramas dengan lidah buaya yang diblender dan disaring
- Menyemprotkan jus seledri yang sudah diendapkan semalaman untuk meluruskan rambut
- Menggunakan santan ditambah jeruk lemon untuk hair mask
- Menambahkan santan pada shampo lalu dibilas dengan green tea
- Menggunakan madu satu sendok makan untuk kondisioner

Saat paling membuatku takjub adalah setelah rutin menggunakan shampo dari lidah buaya yang diblender lalu disaring, rambut tidak rontok lagi dan itu terjadi setelah 2 minggu. Hanya saja aku juga melakukan bekam, pijat refleksi, yoga shoulder stand, makan banyak sayuran dan buah.

Lalu juga setelah menambahkan santan segar pada rambut lalu dibilas dengan green tea, rambutku juga lembut banget.

Masalahnya, setelah tidak rontok, aku juga ingin rambutku lebih hitam, bercahaya dan lembut. Jadinya aku mencoba menggunakan pembilasan black tea. Tapi belum menemukan komposisi yang tepat. Karena kondisi rambut berbeda-beda, maka setiap orang mesti punya komposisinya masing-masing.

Tapi terlalu banyak lidah buaya di rambut juga kurang bagus jadi aku melakukan inovasi sedikit. Ini bisa dilakukan kalau sedang mempunyai banyak waktu.
  1. Siapkan 3 mangkok sebaiknya bukan yang kaca, plastik lebih baik
  2. Siapkan 1 daun lidah buaya yang segar, 1 botol shampo dari Virgin Natural Cosmetics, madu asli
  3. Potong lidah buaya sepanjang 15 cm. Belah jadi 2, nampak muncul getahnya oleskan ke kulit kepala. Pijat-pijat kulit kepala. Bila getah sudah habis sayat tipis, lalu dioleskan lagi. Oleskan ke seluruh rambut dari akar sampai ujung. Sayatan daging lidah buaya jangan digunakan untuk rambut, karena serpihan lidah buaya yang mengering akan tidak nyaman. Remas sayatan daging untuk dioleskan ke muka, tangan dan kaki, Taruh sayatan daging lidah buaya di mangkok pertama
  4. Setelah seluruh kulit kepala dan rambut diolesi lidah buaya, biarkan 10-15 menit atau lebih lama. 
  5. Siapkan 1 sendok teh shampo Virgin Natural Cosmetics ke dalam mangkok kedua, tambahkan air secukupnya
  6. Siapkan 1 sendok makan madu asli ke dalam mangkok ke 3 tambahkan air secukupnya.
  7. Setelah getah lidah buaya dipijatkan ke kulit kepala, dibiarkan selama 10 menit atau lebih, tuangkan shampo Virgin Natural Cosmetics ke kepala, walau encer tetap menghasilkan banyak busa. Cuci rambut dan bilas sampai bersih
  8. Setelah di shampo dan dibilas, tuangkan larutan madu ke rambut, pijat-pijat dan biarkan kira-kira 5 menit. Setelah itu dibilas sampai bersih.

Hasilnya, rambut akan nampak lebih sehat dan lembut. Tidak gatal dan tidak kering.

Tips:
  1. Bila memungkinkan, gunakan filter air yang terdapat karbon aktif untuk membilas
  2. Madu di swalayan bisa membuat rambut lembut, tapi madu asli mentah yang ada busanya terasa agak asem dan bersoda bila dicicipi akan lebih baik
  3. Lidah buaya segar bisa digantikan dengan santan segar hangat. Sisa santan bisa dimasukkan di lemari es. Gunakan hanya krimnya saja. Oleskan santan segar merata di kulit kepala sampai ujung rambut, cuci dengan shampo Virgin Natural Cosmetics. Hati-hati menggunakan santan, gunakan sedikit saja. Karena santan mengandung protein, dan terlalu banyak protein malah merusak rambut

3 comments:

Anonymous said...

oooowww...gitu ya

Anonymous said...

sayangya susah kalau mau kenalan sama yg punya blog...

Ratnawati Utami said...

kan aku udah tulis emailku ratnawatiutami@yahoo.com