Monday, January 12, 2015

Konsultasi NO POO pertamaku

Belum lama aku belajar tentang NO POO (No Shampoo), dimana ada komunitas belajar bagaimana membarsihkan rambut hanya menggunakan bahan alami tanpa kimiawi. Paling tidak mencoba meminimalisir penggunaan bahan kimia. Aku mempelajari NO POO sejak lebaran tahun lalu 2014, lalu coba-coba menggunakan lidah buaya untuk membersihkan rambut.

Sebelum mengenal VCO, aku menggunakan minyak cem-ceman dalam jumlah banyak sampai rambutku basah kuyub. Lalu mesti dicuci berkali-kali dengan shampo yang mengklaim tanpa deterjen atau disebut shampo jamu. Minyak cem-ceman mengandung minyak kelapa, sama juga EXTRA VCO juga minyak kelapa. Bedanya minyak kelapa biasa didapat dengan memanaskan santan, sedangkan EXTRA VCO didapat tanpa pemanasan untuk mendapatkan minyak. Ada VCO yang didapat dengan pemanasan suhu rendah. EXTRA VCO akan lebih mudah diserap oleh rambut, walau tetap sama, membersihkannya butuh beberapa kali dishampo.

Setelah trial and error menerapkan resep di internet, kebanyakan pake bahasa Inggris soalnya orang Indonesia lebih menyukai barang yang sudah jadi di toko, mulai menemukan titik terang bahan apa yang cocok untuk rambutku.

Bahan yang pernah aku coba
  • Seledri, konon menggunakan seledri yang ditumbuk dibiarkan semalaman akan meluruskan rambut. Awalnya aku menggunakan seledri lalu menggunakan shampo. Hasilnya masih kurang memuaskan buatku, selama 2 minggu rambut di olesi air seledri, gak seperti harapan
  • Santan dan jeruk nipis akan membuat rambut lurus. Tapi masih belum kategori NO POO, masih dishampoin dengan shampo mengandung sulfat
  • Madu. Ada resep orang menggunakan madu dan air saja untuk membersihkan rambut. Rasanya memang lembut tapi konon mengurangi warna hitam rambut. jadinya aku hindari menggunakan madu.
  • Lidah buaya. Membersihkan rambut dengan lidah buaya yang diblender lalu disaring memang menyenangkan. Walau setelah itu disisir dengan sisir rapat ada tersisa serpihan daging lidah buaya.
  • Jeruk nipis. Aku baca lidah buaya dan jeruk nipis mengurangi hitamnya rambut aku memilih menghindari jeruk nipis. 
  • Sabun natural dari VCO. Kalau baca di resep penganut NO POO, banyak yang menggunakan baking soda atau castile soap untuk membersihkan rambut. Karena sabun mandi padat bila dicairkan pHnya tinggi jauh di atas rambut, mesti dicampur dengan air, aku menambahkan dengan lidah buaya dan dibilas dengan larutan APPLE CIDER VINEGAR.
  • Kuning telur. Kuning telur bisa untuk hair mask, tapi banyak rekomendasi untuk dijadikan pengganti shampoo. Kocok kuning telur hingga tercampur, tambahkan air supaya bisa melapisi rambut dengan merata. Lalu bilas sebaiknya menggunakan air dingin atau hangat kuku saja. Ada yang menambahkan bilasan kopi atau bilasan teh supaya bau amisnya hilang. Menurut banyak artikel di internet, efek telur untuk membersihkan menghasilkan rambut bersih, sehat, lembut dan mengembang. Ada yang menyarankan jangan lebih dari sebulan sekali, karena preotein terlalu banyak yang menumpuk akan membuat rambut mudah patah. Tapi ada yang cerita menggunakan seminggu sekali tidak ada masalah.
Pakar NO POO menyarankan untuk tidak sering-sering mencuci rambut, katakan aku seminggu dua kali. Soalnya shampo yang biasa di pasaran mengandung sulfat, membuat kulit kepala sangat bersih sehingga kulit kepala akan memproduksi minyak lebih banyak. Bila sukses menggunakan NO POO maka kulit kepala akan tetap bersih walau tanpa keramas lebih dari seminggu.

Ada pelangganku di Tasikmalaya memesan produk untuk NO POO, dia butuh apa saja. Aku menyarankan dia mempunyai
  1. Filter air
  2. Sabun natural dari VCO
  3. Sisir tanduk
  4. VCO dan minyak esensial dari Virgin Natural Comestics yaitu dengan nama SCALP
  5. VCO murni tanpa merk
Transisi dari penggunaan shampo ke bahan natural membuat rambut jadi sangat berminyak atau kering. Tapi NO POO yang cocok akan membuat rambut tetap indah tidak nampak walau seminggu lebih tidak keramas.

Awalnya pelangganku memulai dengan membersihkan rambut dengan lidah buaya lalu saat disisir  dengan sisir tanduk yang diberi SCALP (produk dari Virgin Natural cosmetics). Hasilnya tidak gatal karena sebelumnya berketombe. 

Nanti step berikutnya dia akan aku sarankan menggunakan VCO untuk meminyaki rambut semalanan lalu dicuci dengan lidah buaya ditambah sabun natural dengan VCO yang diencerkan. 

Aku sendiri punya step cukup rumit ini hanya aku lakukan kalo aku punya waktu
  1. Rambut diminyaki dengan minyak kelapa biarkan semalaman
  2. Dibasahi dengan santan biarkan satu jam
  3. Dibersihkan dengan lidah buaya yang ditambahi sabun natural yang dicairkan
  4. Dibilas dengan larutan kopi biarkan sekitar 30 menit
  5. Dibilas dengan larutan Apple Cider Vinegar
  6. Setelah kering disisir dengan sisir tanduk yang diberi VCO ditambah minyak esensial
  7. Semua proses menggunakan air yang disaring dengan filter air mengandung karbon aktif
Kalo gak ada waktu aku menggunakan metode CONDITIONER ONLY WASHING
  1. Menggunakan 2 sendok makan conditioner tanpa silikon ditambah air secukupnya
  2. Kulit kepala dipijat biarkan sekitar 30 menit
  3. Bilas hingga bersih
  4. Seluruh proses menggunakan air yang disaring dengan filter air mengandung karbon aktif
Kalo agak punya waktu
  1. Memblender lidah buaya, disaring lalu sisanya disimpan di freezer
  2. Mencuci rambut dengan lidah buaya
  3. Dikeringkan
  4. Disisir dengan sisir tanduk yang diberi VCO dengan minyak esensial
Yah, ada NO POO yang sederhana menggunakan conditioner, ada yang rumit dengan VCO, santan segar, lidah buaya segar, kopi, Apple Cider Vinegar. sisir tanduk. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi yang menginginkan rambut lebih sehat dan indah...

4 comments:

Dwiex'z Someo said...

dulu waktu SD aku pake shampoo alami tapi sekarang udah males mbak soale ribet hehehe, beli yg langsung jadi aja :)

Ajeng Sari Rahayu said...

Waaah kalau kondisiny sering kepanasan kyk d sini trs jd keringetan kepala gatal apa msh mungkin g keramas smpe seminggu mbak -.-"

kalo sy mgkn seminggu tiga kali krn faktor d atas

Ratnawati Utami said...

@Dwiex kalo bisa pake yang alami akan jauh lebih baik. Tapi kalo rambutnya bandel ya gak papa, semakin tua kondisi kulit kepala dan rambut semakin sensitif

@Ajeng. Kalo keramas dengan bahan tertentu memang hanya bisa dibatasi, kayak kuning telur sebulan sekali. Tapi kalo pake bahan yang aman kayak ACV, lidah buaya, boleh dipakai setiap hari. Biasanya ini disebut pembilasan acidic, karena kondisi rambut kita asam, ph di bawah 7. Penggunaan shampo yang di komposisi ada sulfat membersihkan sampai kesat tapi sesudah itu rambut dan kulit kepala cepat memproduksi minyak lagi

alrisjualan said...

Wah keren tuh samponya, mengurangi pemakaian bahan kimia.
salam,
http://alrisblog.wordpress.com