Saturday, January 3, 2015

Membersihkan rambut dengan bahan natural tanpa shampo

Bila menggunakan shampo yang banyak dijual di pasaran ternyata kurang cocok, barangkali bisa mencoba membersihkan shampo dengan bahan natural.

Shampo di pasaran itu mengandung deterjen atau sulfat, bagi yang sensitif dengan deterjen, maka rambut akan bersih sesaat setelah keramas setelah itu tambah berminyak. Belum lagi resiko rontok atau berketombe. Membersihkan rambut dengan bahan natural akan membersihkan tapi tidak mengiritasi kulit kepala atau membuat rambut berminyak.

Di Indonesia, bahan natural untuk membersihkan rambut antara lain:
1. Merang
2. Lerak

Aku bergabung di komunitas grup Facebook No Poo/Low Poo. Maksud No Poo adalah tanpa shampo sama sekali hanya menggunakan bahan alami. Sedangkan Low Poo maksudnya menggunakan shampo di pasaran yang tidak mengandung sulfat.

Selain sulfat di shampo, kondisioner di pasaran mengandung silikon. Silikon akan melapisi rambut seperti dilaminating. Sepintas rambut indah dan lembut, padahal begitu dibersihkan dengan shampo sulfat kondisi rambut akan menjadi rapuh.

Metode paling populer di kalangan No Poo adalah Baking soda dan apple cider vinegar. Ada yang cocok, ada yang tidak. Bisa juga menggunakan sabun padat, tentunya sabun ini khusus dibuat menggunakan minyak nabati murni dan minyak esensial berbeda dengan sabun padat yang banyak di pasaran.

Ada metode namanya CO atau Conditioner Only Washing, maksudnya membersihkan rambut dengan kondisioner tanpa shampo. Cocok untuk rambut kering. Untuk sekelompok orang metoda ini berhasil, tentunya dengan menggunakan Free Silicone Conditioner atau kondisioner tanpa silikon .

Aku menggunakan metoda CO cukup berhasil, rambut bersih dan lembut, tapi aku ingin menggunakan hair mask supaya rambut lebih lembut lagi, dan CO tidak bisa membersihkan hair mask secara tuntas.

Bahan alami untuk hair mask yang pernah kucoba antara lain, minyak kelapa, minyak zaitun, minyak habbatussauda, seledri, madu, yoghurt. lidah buaya, kuning telur. Mengoleskan minyak pada rambut memang membuat rambut lembut, tapi membersihkannya agak susah, mesti beberapa kali keramas.

Kuning telur itu bagus sekali untuk rambut, beberapa orang berhasil membuat rambutnya sehat dengan kuning telur. Gunakan putih telurnya untuk wajah. Sayangnya penggunaan kuning telur hanya bisa 2 minggu sekali. Protein pada kuning telur bila menumpuk berlebihan akan merusak rambut.

Madu bisa melembutkan rambut dan membuat bersinar. Sayangnya madu kurang cocok untuk rambut hitam. Madu untuk rambut akan membuat rambut hitam jadi kemerahan.

Lidah buaya segar bagus untuk untuk masker, hanya getahnya yang dioleskan di rambut. Lidah buaya disayat tipis-tipis, oleskan getahnya pada kulit kepala dan rambut. Akan mengurangi rambut rontok, gatal, dan ketombe. Sayatan daging lidah buaya gunakan untuk kulit, karena bila sepihan daging lidah buaya menempel di rambut akan mengering akan sulit melepaskan dari rambut.

Setelah percobaan berkali-kali akhirnya yang paling cocok buatku untuk masker rambut adalah santan dan kopi. Gunakan kopi bukan instan, dan santan segar bukan santan yang diawetkan. Dua sendok makan kopi dilarutkan pada segelas air panas, dan parutan santan seharga 2000 rupiah dari pasar cukup untuk 3 kali pemakaian. Simpan yang tidak digunakan di freezer lemari es. Ini untuk rambut sebahu.

Untuk membersihkan rambut dari masker, aku menggunakan Sabun natural yang dibuat dari minyak kelapa ditambah lidah buaya. Sabun ini adalah sabun padat sehingga perlu dicairkan. Cara mencairkan adalah satu buah sabun 100 gram direndam pada air suling dingin sebanyak 600 ml. Dengan air panas proses lebih cepat tapi wanginya hilang.

Lidah buaya diblender hingga halus, disaring. Sisa bagian yang tidak tersaring gunakan untuk masker wajah. Aku menggunakan separo daun lidah buaya besar yang aku beli di Superindo. Bisa membuat langsung banyak lalu disimpan di freezer, cairkan sebelum menggunakan.

Dua bagian lidah buaya ditambah 1 bagian sabun dari minyak kelapa yang dicairkan bisa membersihkan masker santan. Sebaiknya memang sabun padat untuk membersihkan rambut ditambah lidah buaya karena PH sabun padat terlalu tinggi untuk rambut, akan membuat kutikula rambut terbuka. Selain diencerkan, tambahan lidah buaya akan membuat shampo buatan sendiri ini akan mendekati PH rambut.

Setelah rambut dibersihkan dengan shampo yang terbuat dari sabun dan lidah buaya, dibilas dengan larutan apple cider vinegar 2 sendok makan untuk 250 air. Gunanya untuk menutup kutikula rambut karena shampo dari sabun PHnya sedikit lebih tinggi dari rambut.

Untuk hair tonik, aku menggunakan sesendok teh minyak kelapa ditambah minyak esensial. Minyak kelapa jenis vco, kalau bukan vco maka rambut akan berminyak sekali. Minyak esensial berguna untuk membuat rambut mengurangi kesan berminyak pada rambut bila minyak kelapa dioleskan di rambut, Lalu disisir dengan sisir yang giginya jarang.

Setelah menggunakan masker santan dan kopi, dicuci dengan campuran lidah buaya dan sabun mandi dari minyak kelapa, Alhamdulillah rambutku jadi sangat lembut, lebih hitam, lebih sehat, tidak rontok dan tidak berketombe. Semoga resep ini bisa bermanfaat bagi yang lain yang menginginkan rambut lebih sehat.

Sabun dari minyak kelapa, VCO yang ditambah minyak esensial, aku jual di toko online. Yang berminat boleh kontak di email ini ratnawatiutami@yahoo.com.

2 comments:

Dwiex'z Someo said...

aku biasanya pake lidah buaya mbak...

dunia kecil indi said...

Aku juga mulai keramas tanpa sampo sekarang, soalnya lebih baik untuk lingkungan. Awalnya memang berminyak, tapi lama-lama normal sendiri, kok. Cuma harus telaten saja :D