Tuesday, August 9, 2016

Membersihkan noda membandel pada keramik/porselen lebih efektif dengan CIF

Ceritanya itu aku suka kesel... bersihin noda di keramik/porselen di kamar mandi atau dapur susah banget. Ada yang kecoklatan, kekuningan, kehitaman... pokoknya aku pikir yang penting bersih walau kelihatan bernoda. Selama ini aku bersihin pake CIF lalu digosok dengan busa halus, sudah.

Sampai akhirnya... aku di nginep di rumah kakak... ampun kinclong amat kamar mandinya. Aku tanya ke kakak... katanya itu pinter-pinternya pembokatnya ngebersihin. Aku mesti menunggu 2 hari soalnya waktu itu weekend dia gak masuk.

Setelah ketemu pembokat, aku tanyain rahasianya apa. Kata dia gini "itu pake CIF tapi dioleskan waktu keramik atau porselen dalam keadaan kering. Biarkan satu jam dua jam baru digosok".

Jadi seperti ini

1. Oleskan CIF pada keramik/porselen yang bernoda dalam keadaan kering

2. Biarkan keramik/porselen yang dioleskan CIF hingga 1 jam atau lebih

3. Gosok dengan amplas waterproof paling halus

Seminggu kemudian aku pulang ke rumah di Jogja, aku praktekin. Setelah dikasih CIF waktu kering, aku biarkan satu jam atau lebih, setelah itu aku gosok pake kertas amplas waterproof paling halus. Dan noda memang memudar walaupun tidak langsung kinclong.

Di rumah ada 3 kamar mandi, semuanya aku olesin. Waktu liburan puasa kemarin, sampai berkali-kali supaya waktu lebaran bersih semua. Dan aku puas dengan hasilnya.

Selain CIF juga bisa menggunakan MAMA LIME POWERFUL STAIN REMOVER.

Untuk tempat duduk kloset, aku gak pake CIF tapi pake pasta gigi dicampur baking soda/soda kue (bukan baking powder) dan langsung digosok, lama-lama nodanya menghilang.

Kalau dilap tanpa dibilas, aku menggunakan VCO ditambah baking soda/soda kue dilap dengan spon halus untuk keran, shower, wastafel, dudukan kloset.

Untuk multi purpose, pembersih segala yang ringan dan tidak merusak tangan aku menggunakan CASTILE SOAP yang dicairkan. CASTILE SOAP adalah sabun dari minyak alami terbaik sehingga aman untuk tangan. Aku menggunakan sabun dari VCO produksi VIRGIN NATURAL COSMETICS varian SUSU SAPI. Sabun padat ini dicairkan dengan air destilasi merk AMIDIS, dipotong kecil lalu diblender. Aku masukkan di FOAMING HAND SOAP DISPENSER soalnya busanya banyak. Bisa juga sih masukkan semprotan setelah diencerkan masih punya kemampuan membersihkan.

Untuk kaca aku pakai LISTERINE diencerkan dengan air destilasi. Membersihkan dengan kanebo, memang perlu pengulangan beberapa kali. Kanebo kalau kotor diberi busa dari CASTILE SOAP yang dicairkan, dibilas, sudah bersih lagi dan tidak merusak tangan.

Rencananya mau dikasih foto, tapi belum siap ini... tulisan dengan foto menyusul ya...

1 comment:

Tira Soekardi said...

makasih nih infonya bermanfaat