Friday, September 2, 2016

Belanja budget makeup pertamaku

Aku memutuskan mau belanja budget make up buat belajar. Sebelum memutuskan belanja aku melakukan sedikit riset di internet.

Pernah ikutan beauty class La Tulip... tapi kalo gak dipraktekin kan sama aja. Aku memutuskan membeli yang ekonomis dulu, soalnya aku gak yakin akan sering-sering make.

Belajar tentang make up di internet kemana aja

1.  Buka Youtube. 

Menurutku yang pembahasannya gak rumit itu dari makeup artist Wayne Goss. Dia bikin seri, penggunaan makeup untuk lazy girl. Maksudnya bukan cewek malas beneran, tapi cewek yang males kalo nyempetin pake makeup.

Kalo yang lokal paling suka Suhay Salim. Dia banyak mereview merk lokal. Dan penjelasannya lumayan informatif mudah dimengerti, gak cuman makeupan terpotong-potong terus dengan bangganya dishoot lama nampangin muka.

Yang lain juga dilihat tapi tetep favoritku 2 itu.

2. Baca review produk dari beauty blogger.

Make up itu bergantung pada jenis kulit. Jadi kulitku yang normal cenderung kering cocoknya penjelasan dari blogger dengan jenis kulit sama.

Udah gitu warna kulit wajah juga berbeda-beda. Sebaiknya juga mesti rajin untuk mencari yang warnanya cocok di wajah.

Blogger ada yang asal reviewnya, nulis panjang tanpa spasi (gitu juga kubaca.. hadeeh). Banyak yang separo berbahasa Inggris... Tentunya paling suka yang jelasin lengkap banget, efeknya, cocok di kulit apa, ada foto-fotonya juga.

Misalnya gini, supaya awet, sebelum pakai alas bedak harusnya pake primer dulu. Soalnya ada yang ngirit, harga primer mahal, foundation Inez yang bikin glow diawali pake foundation Caring yang tahan lama. Foundation murmer dan awet lain yang lumayan bagus dari Mustika Ratu.

3. Baca di forum.

Paling rame itu forum Female Daily. Yang aku baca paling mendetil yaitu produk lokal bagus murah. Ada pembicaraan menarik di forum ini seperti
  • lipstik lokal murmer paling disukai merk Purbasari
  • bedak two way cake lokal murmer dengan efek wow untuk kulit putih adalah twc (sebutannya Precious Powdery Cake) Inez warna pink sebelumnya wajah semprot air
  • pinsil alis favorit dari Viva
  • maskara favorit Maybelline
  • kalo pake produk mengandung spf untuk malam hari dengan flash wajah jadi kusam, jadi hindari produk mengandung spf untuk malam hari 
  • supaya make up tebal awet urutannya... milk cleanser, toner, serum, pelembab, primer, base make up (foundation, bb/cc/dd cream), bedak tabur, twc... (sebagai penggemar VCO dan pengguna makeup minimalis aku pake... sabun muka tanpa deterjen, sunblock Skin Aqua, VCO yang dihilangkan kelebihan minyak dengan tisu, bedak Venus)
  • merk kosmetik termurah tapi lumayan adalah Just Miss beli di toko asesoris Strawberry
Beberapa merk baru bermunculan, semua punya daya tarik masing-masing. Aku cukup bingung membaca review yang menyatakan ini bikin gini ini bikin gitu. Beberapa daftar foundation yang tertarik pengen dibeli, foundation ringan untuk kulit sensitif Bless, foundation cair Inez, primer dan bb compact powder Beauty Story, mineral loose powder Mineral Botanica. Soalnya aku gak suka makeup selama ini mestinya pilih Bless kan, tapi sekarang ini mau ambil resiko sekali-sekali untuk efek wow..

Daftar belanjaku untuk budget makeup pertamaku
  • TWC Inez pink
  • Lipstik, eyeshadow, maskara merk Just Miss
  • Blush on merk Sari Ayu dan Inez
  • Eyeliner cair (untuk belajar bikin cat eye) merk My Darling
  • Kuas besar untuk wajah, kecil untuk eyeshadow, pipih untuk blush on, kecil tipis untuk eyeliner dengan eyeshadow hitam
  • untuk concelear masih pikir-pikir, sepertinya aku mau pake foundation cream aja, belum mutusin beli apa, mau coba foundation cair Mustika Ratu atau foundation padat konon cukup bisa nutupin mata panda, kalo enggak ya beli concealer Inez 
Wayne Goss gak ngajarin untuk contouring rumit, cuman ngasih blush on dengan brush lalu kasih bronzer dan highlight. Ini petunjuk untuk base make up kilat bukan yang tebel kayak kondangan heboh atau jadi penganten. Tapi petunjuk terakhir Wayne Goss... gak usah pake bronzer, pake blush on beberapa warna gradasi cukup bisa ngilangin chubby bikin efek sedikit tirus.

Makeup heboh itu memang pake metode contouring untuk ngilangin pipi chubby supaya tirus. Ada lagi metoda strobbing untuk memberi warna yang cerah area tertentu supaya chubby gak nampak. Terus chroming (mengoleskan lipstik jingga di area tertentu). Terakhir ada drapping (menggunakan blush on beberapa warna). Aku memilih belajar metode drapping aja, lebih simpel kayaknya, gak usah gambar contour atau oles lipstik di atas mata. Wayne Goss dan beberapa beauty blogger sudah mengajarkan di youtube tentang teknik ini.

Untuk serum-serum atau skincare aku gak tertarik deh.

Skincare alami yang aku pake
  • Membersihkan muka selain sabun tanpa SLS/deterjen juga dengan OCM (oil cleansing methode) menggunakan VCO (virgin coconut oil)
  • Menyikat bibir dengan VCO dan soda kue sebelum tidur supaya tidak menghitam, campuran VCO dan soda kue 1:1. Campuran ini juga aku gunakan untuk pengganti pasta gigi tanpa flouride dan SLS, gigiku tidak pernah ngilu sejak itu
  • Masker yang aku pakai ada beberapa, paling sering menggunakan gamat kering kapsul diberi air suling. Kadang menggunakan yogurt, lidah buaya segar, nanas, propolis. Dari pengalaman pake gamat jerawat cepet sekali kering. Seorang teman bilang setelah pake gamat satu kali pemakaian kulit kusam jadi cerah.
Nanti setelah belanja dan dicobain aku tulis lagi. Kalo sempet kasih foto deh... 

1 comment:

Enny Law said...

Aku gak suka pake bedak karena selalu bikin hidungku gatel paling ya pakai BB aja